Jumat, 21 Oktober 2011

Terinspirasi Pangeran William, Jeng Reni dan Ubai Dikirab

Terinspirasi Pangeran William, Jeng Reni dan Ubai Dikirab:

YOGYAKARTA - Banyak prosesi saat pernikahan (Royal Wedding) Gusti Kangjeng Ratu Bendara, BA dan Kangjeng Pangeran Harya Yudanegara, BA. Setelah upacara panggih 18 Oktober selesai, sekitar pukul 16.00 Jeng Reni dan Mas Ubai akan dikirab.
Mempelai akan dikirab dari kraton ke arah kepatihan. Reni mengatakan dirinya memang terinspirasi oleh pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton, sehingga kirab pun dilaksanakan.
"Kenapa di kirab kita sebenarnya pindah tempat saja dari Kraton ke resepsi di Kepatihan. Dan warga bisa menyaksikan kami dengan mengenakan kereta," ucap Jeng Reni.
Kereta Jongwiyat di buat pada tahun 1870. Kereta ini di pakai Hamengkubuwono VI untuk berperang dan untuk inspeksi pasukan. Kereta ini terakhir di gunakan untuk Kirab pengantin Putri pertama Sultan Hamengku Buwono X.
Para prajurit kraton telah bersiap berbaris di dalem Bangsal Ponconiti. Sementara pengantin sudah siap berangkat dari dalem Gedung Srikaton dengan menggunakan kereta Jongwiat ke luar dari lokasi Kraton melalui jalan Rotowijan lalu menuju ke utara. Melalui masjid Gedhe, lalu ke utara lagi melalui kantor pos besar.
Perjalanan dilanjutkan ke arah utara lagi melewati pasar Beringharjo, Toko Batik Terang Bulan hingga menuju ke arah Bangsal Kepatihan. Iring-iringan pengantin akan dikuti oleh seluruh keluarga kraton dan para abdi dalem kraton Yogyakarta.
"Sesampai di Kepatihan kami istirahat dulu, untuk makan malam. Acara resepsi pernikahan akan digelar jam 7 malam," ungkapnya.
Tamu undangan akan dibagi dua, yakni yang hadir pada upacara panggih pagi hari diperkirakan mencapai 1500 undangan. Sementara untuk yang resepsi di Kepatihan sekitar 1000 undangan. Mengenai tamu-tamu penting VVIP antara lain RI 1 dan RI2, mantan presiden Megawati Soekarno Putri, dan sejumlah menteri kabinet Indonesia bersatu. Para duta besar dan gubernur dari 32 provinsi di Indonesia.
"Jumlahnya masih naik turun. Masih sortir dikumpulkan namanya, kalau pagi kurang lebih 1500 undangan, sudah termasuk teman dan kerabat bapak. Kalau saya banyak undang teman SMA, kuliah, dan teman-teman saya yang dari luar negeri juga datang," ucapnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Archives

Postingan Populer

Entri Populer

Entri Populer

Categories

Total Tayangan Halaman